Rencana Produksi
a. Lokasi
usaha
Dalam mendirikan distro kita harus mencari tempat yang
strategis, karena pada umum nya sebagian konsumennya anak muda maka sebaiknya
distro dibangun atau didirikan di tempat yang biasa anak muda sering berkumpul.
Dengan cara ini tentu distro yang didirikan akan
menarik perhatian bagi para anak muda tersebut dan kemudian mengunjungi distro
tersebut. Selain dengan cara tersebut, orang banyak menggunakan internet untuk
mempromosikan distronya. Blog dan situs pertemanan sering digunakan untuk
memperkenalkan distro yang dia dirikan kepada orang-orang. Selain itu
mempromosikan melalui mulut ke mulut juga cukup efektif. Apalagi distro
merupakan tempat anak-anak muda berkumpul, pasti mereka akan memberi tahu
kepada temannya untuk mengunjungi distro tersebut.
Lokasi
yang sedang saya incar di tempat perkota’an. Terkhusus di daerah yang ramai
penduduk. Tempat yang strategis dekat dengan universitas terkenal. Sehingga
akan lebih mudah bagi pelanggan untuk mengunjungi toko distro kita. Dekat
dengan tempat wisata terkenal. Sehingga para turis asing maupun lokal dapat
singgah untuk melihat produk-produk baru yang kita miliki. Lokasi ini lah yang
dapat membuka jalan kesuksesan dalam menjalakan usaha yang sedang kita tekuni.
b. Penetapan
Harga
Harga yang akan dikenakan adalah harga
yang diperkirakan akan terjangkau oleh masyarakat sekitar. Setelah
memperhitungkan dengan cukup matang, akhirnya kami tetapkan sebagai harga awal
berikut adalah tabel harga jasa produk yang ditawarkan. adapun untuk
selanjutnya harga akan disesuaikan dengan perkembangan selanjutnya.
No.
|
Jenis Produk
|
Harga
|
1
|
Kemeja
|
> Rp. 89.000,-
|
2
|
Kaos
|
> Rp. 90.000,-
|
3
|
Jeans
|
> Rp. 180.900,-
|
4
|
Gaun
|
> Rp. 235.800,-
|
5
|
Kerudung
|
> Rp. 69.900,-
|
6
|
Rok
|
> Rp. 109.900,-
|
7
|
Jaket
|
> Rp. 199.900,-
|
8
|
Aksesoris
|
Rp. 24.500,- s.d Rp. 78.900,-
|
·
Pelaksanaan Distribusi
Distribusi
yang dilakukan perusahaan kami yaitu distribusi intensif, diusahakan sebanyak
mungkin agar dapat menjual produk sebanyak-banyaknya dan lebih mendekati
konsumen, sehingga lebih mudah dalam penjualannya dalam menghasilkan keuntungan
yang sebanyak-bantaknya.
·
Strategi Promosi yang akan dilakukan
Strategi yang akan kami jalankan pada perusahaan ini
antara lain :
• Membuat pamphlet-pamflet berisi
produk – produk baru yang akan ditempel tiap bulannya.
• Melakukan
iklan-iklan di dunia internet baik melalui situs jejaring sosial maupun forum.
• Membuat
catalog-katalog mengenai fashion yang sedang uptodate di distro
c. Sumber-sumber Produk / Bahan
Untuk sumber-sumber bahan baku atau
supplier pakaian, kami mengambil dari supplier atau perusahaan yang sudah
terjamin dan terbukti kualitas pakaiannya dengan model dan corak yang menarik
konsumen tentunya. Sehingga dengan begitu tidak merugikan berbagai pihak, baik
dari pihak perusahaan maupun konsumen yang membelinya.
d.
Produk yang dihasilkan
Semakin tingginya kebutuhan
masyarakat akan pakaian dan fashion lainnya sehingga menghabiskan sampai 3
lusin pakaian dalam sehari, belum termasuk aksesoris yang semakin marak
digunakan oleh masyarakat, khususnya oleh anak remaja.
Adapun kualitas produk atau mutu produk yang kami
hasilkan memiliki beberapa keunggulan:
o Berkualitas
tinggi dan dapat memuaskan konsumen,
o Bermacam-macam
bentuk dan ukurannya dengan style yang uptodate
o Hasil sablon
sangat rapi dan tidak mudah luntur walau beberapa kali cuci.
Kegunaan produk
Sebagai kebutuhan sehari-hari dengan berbagai macam
fungsi dan manfaat
Selain itu, produk yang kami pasarkan mempunyai
beberapa keistimewaan, diantaranya :
o Harga terjangkau
oleh kemampuan konsumen,
o kualitas
produk terjamin
o sesuai
dengan selera masyarakat
e. Biaya
proses produksi per tahun terdiri dari :
1. Modal Awal
produksi
Renovasi
Awal & Desain Interior
|
Rp.
20.000.000,-
|
|
Kulakan
baju grosir
|
Rp.
600.000.000,-
|
|
Biaya Soft
Opening dan Promosi awal
|
Rp.
5.000.000,-
|
|
Biaya gaji
karyawan tahun pertama
|
Rp.
60.000.000 ,- +
|
|
Jumlah
Modal Produksi
|
Rp.
685.000.000,-
|
2. Biaya
lain-lain
· Listrik
Rp. 12.000.000,-
· Asuransi
Rp. 11.000.000,-
· Transportasi
Rp. 6.500.000,-
· Administrasi
Rp. 4.500.000,-
· Pajak
Rp. 2.750.000,-
· Pemeliharaan
gedung dan peralatan Rp. 6.000.000,- +
Jumlah biaya lain-lain Rp. 42.750.000,-
Jumlah biaya lain-lain Rp. 42.750.000,-
Total
seluruh biaya produksi (1 + 2)
Jumlah modal
produksi
Rp. 710.000.000,-
Jumlah biaya
lain-lain
Rp.
42.750.000,- +
Total
Rp.
667.250.000
f.
Tenaga kerja
tenaga kerja yang kita gunakan dalam
distro ini adalah sebagian besar wanita. Di dalam memilih karyawan juga kita
menentukan kriteria yang pas untuk tempat distro kita. Karena postur tubuh yang
ideal akan lebih menarik pelanggan untuk mengunjungi toko kita
Tidak ada komentar:
Posting Komentar